Tingkatkan Kualitas Resepsionis, Disbudpar Pekanbaru Gelar Pelatihan Bagi Resepsionis

Tingkatkan Kualitas Resepsionis, Disbudpar Pekanbaru Gelar Pelatihan Bagi Resepsionis

Peningkatan jumlah hotel/akomodasi dikota Pekanbaru dari tahun 2015 s/d tahun 2017 meningkat sekitar 18% yang juga diikuti dengan penyerapan tenaga kerja yang cukup besar sekitar 40%. Kota Pekanbaru memiliki 192 Hotel berbintang dengan jumlah kamar sebanyak 10.947 kamar. Peserta pelatihan yaitu dari Resepsionis Hotel se- Kota Pekanbaru yang berjumlah 50 (lima puluh) orang. Pelaksanaan pelatihan bertempat di PESONNA Hotel Pekanbaru Jalan Jenderal Sudirman No. 455 Kota Pekanbaru. Dan kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu s/d Kamis, pada tanggal 02 s/d 03 Mei 2018.

Adapun Tujuan Pelatihan Bagi Resepsionis Perhotelan ini adalah
 meningkatkan Pelayanan kepada Pengunjung, memberikan motivasi bagi para resepsionis dalam menjalankan perannya sebagai Customer service serta meningkatkan pengetahuan para Resepsionis dalam menghadapi dan melayani konsumen/ pengunjung secara langsung ataupun tidak langsung. Diharapkan Pelatihan Bagi Resepsionis Perhotelan memiliki Hasil (outcome) yaitu  menyiapkan resepsionis yang akan disertifikasi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Lancang Kuning dengan menggunakan dana APBN Pusat dari Kementerian Pariwisata RI serta Meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan kemampuan resepsionis dalam memberikan pelayanan kepada pengunjung perhotelan di Hotel Pekanbaru .   

Metode Pelatihan yang diberikan dalam bentuk yaitu ceramah/ teori/ diskusi. Dan Tenaga Pengajar / Instruktur terdiri dari Instruktur PNS dan Instruktur Non PNS. Instruktur PNS didatangkan dari Kementrian Pariwisata RI oleh Bapak FransiskusHandoko, SST.Par, M.Sc, dari Dinas Pariwisata Propinsi Riau yang diwakilkan oleh Bapak Ir. Yul Akhyar, MM selaku Kepala Bidang Pengembangan SDP Provinsi Riau, dan dari Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Propinsi Riau yang diwakilkan oleh IbuMusnimar, S.Kom selaku Pengawas Keternagakerjaan . Sedangkan tenaga pengajar/Instruktur Non PNS yaitu Akademisi STP Riau oleh Ibu Hj. Risna Yanti, M.Par serta dari Praktisi dari PHRI Pekanbaru oleh Bapak Robin Hamonangan selaku Asessor FO.


Pariwisata Pekanbaru - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata