SAPTA PESONA, Pendukung Berkembangnya Kepariwisataan

SAPTA PESONA, Pendukung Berkembangnya Kepariwisataan

Sapta Pesona yang dilambangkan dengan matahari yang terdiri dari 7 (tujuh) unsur yaitu, keamanan, ketertiban, kesejukan, keindahan, keramahan dan kenangan, merupakan jabaran konsep sadar wisata yang terkait dengan dukungan dan peran masyarakat sebagai tuan rumah dalam upaya untuk menciptakan lingkungan dan suasana kondusif. Dengan adanya kondisi yang nyaman, dapat menarik minat kunjungan wisatawan dan betah tinggal lebih lama. 

Mengingat pentingnya konsep Sapta Pesona dalam kepariwisataan, maka Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pekanbaru mengadakan Pelatihan dan Penyuluhan Sapta Pesona Tahun 2018. Kegiatan ini diadakan selama tiga hari terdiri dari satu hari pelatihan pada tanggal 19 April 2018 bertempat di Hotel Grand Suka Pekanbaru. Selanjutnya, kegiatan ini dirangkai dengan Field Trip selama 3 (tiga) hari dari tanggal 20-22 April 2018 ke Propinsi Daerah Istimewa Yogyakata. Peserta kegiatan ini sebanyak 25 orang terdiri dari para pengrajin cendramata perwakilan perkecamatan, praktisi pariwisata, mahasiswa pariwisata dan Perwakilan Bujang Dara 2018.

Pada kegiatan Field Trip, peserta mengunjungi beberapa sentra kerajinan cendramata dan beberapa lokasi pariwisata yang ada di Yogyakarta. Kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman dan pencerahan tentang pelaksanaan Sapta Pesona dan mengetahui perbandingan objek-objek wisata yang ada di wilayah tersebut, sehingga agar kembalinya para peserta ke daerah asal dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan yang telah didapat. 


Pariwisata Pekanbaru - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata