POKDARWIS, Komponen Penting Pendukung Kepariwisataan

POKDARWIS, Komponen Penting Pendukung Kepariwisataan

Pembangunan kepariwisataan memerlukan dukungan dan keterlibatan seluruh pemangku kepentingan dibidang pariwisata. Masyarakat adalah salah satu unsure penting pemangku kepentingan untuk bersama-sama dengan Pemerintah dan kalangan usaha/  swasta bersinergi melaksanakan dan mendukung pembangunan kepariwisataan. Oleh karena itu pembangunan kepariwisataan harus memperhatikan posisi, potensi dan peran masyarakat baik sebagai subjek atau pelaku maupun penerima manfaat pengembangan,  karena dukungan masyarakat turut menentukan keberhasilan jangka panjang pengembangan kepariwisataan.
Dukungan masyarakat dapat diperoleh melalui penanaman kesadaran masyarakat akan arti penting pengembangan kepariwisataan. Untuk itu dibutuhkan proses dan pengkondisian untuk mewujudkan masyarakat yang sadar wisata. Masyarakat yang sadar wisata akan dapat memahami dan mengaktualisasikan nilai- nilai penting yang terkandung dalam Sapta Pesona.

Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) merupakan salah satu komponen dalam masyarakat yang memiliki peran dan kontribusi penting dalam pengembangan kepariwisataan di daerahnya. Keberadaan Pokdarwis tersebut perlu  terus  didukung dan  dibina sehingga dapat berperan lebih efektif dalam  turut menggerakkan partisipasi masyarakat untuk mewujudkan lingkungan dan suasana yang kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya kegiatan kepariwisataan di sekitar destinasi pariwisata.
Jumlah Pokdarwis akan dapat semakin bertambah dan meningkat, baik dari sisi kuantitas maupun kapasitasnya, dalam turut serta mendukung  keberhasilan  pembangunan  kepariwisataan. Untuk itu melalui Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kota Pekanbaru pembinaan terhadap pokdarwis terus dilakukan.

Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kota Pekanbaru melalui Bidang Pengkajian Dan Pengembangan SDM Pariwisata selalu melakukan pembinaan terhadap Pokdarwis yang ada di kota Pekanbaru, dimana jumlah pokdarwis yang ada di kota Pekanbaru saat ini ada 32 Pokdarwis. Beberapa pembinaan pokdarwis di Pekanbaru diantaranya;
1.  Pembinaan terhadap pokdarwis Segitiga Meranti Pandak Kelurahan Meranti Pandak Kecamatan Rumbai Pesisir
2.  Pembinaan Pokdarwis yang berada di Kelurahan Tebing Tinggi Okura Kecamatan Rumbai Pesisir

Diharapkan dengan keberadaan Pokdarwis, dapat mendukung dan mengembangkan kepariwisataan khususnya di Kota Pekanbaru.


Pariwisata Pekanbaru - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata