Disbudpar Pekanbaru, Gelar Sosialisasi Sertifikasi Usaha Pariwisata

Disbudpar Pekanbaru, Gelar Sosialisasi Sertifikasi Usaha Pariwisata

Pariwisata adalah suatu kegiatan yang secara langsung menyentuh dan melibatkan masyarakat, sehingga membawa berbagai manfaat terhadap masyarakat setempat dan sekitarnya. Bahkan pariwisata dikatakan mempunyai energi dobrak yang luar biasa, yang mampu membuat masyarakat setempat mengalami metamorphose dalam berbagai aspeknya. Pariwisata mempunyai banyak manfaat bagi masyarakat bahkan bagi Negara sekalipun, manfaat pariwisata dapat dilihat dari berbagai aspek/segi yaitu manfaat pariwisata dari segi ekonomi, sosial budaya, lingkungan hidup, nilai pergaulan dan ilmu pengetahuan, serta peluang dan kesempatan kerja. Guna mewujudkan sektor Pariwisata yang selalu meningkat maka diperlukan Sertifikasi yang artinya adalah rangkaian kegiatan penilaian kesesuaian yang berkaitan dengan pemberian jaminan tertulis bahwa barang, jasa, sistem, proses, atau personal, telah memenuhi standar dan atau regulasi. Sedangkan pengertian sertifikasi usaha pariwisata adalah merupakan proses pemberian sertifikat kepada usaha pariwisata untuk mendukung peningkatan mutu produk pariwisata, pelayanan dan pengelolaan usaha pariwisata melalui audit. Usaha Pariwisata adalah usaha yang menyediakan barang dan/atau jasa bagi pemenuhan kebutuhan wisatawan dan penyelenggaraan pariwisata.

Ada 13 Jenis –jenis usaha pariwisata, 2 (dua) diantaranya adalah penyediaan akomodasi dan jasa makanan dan minuman. Jasa akomodasi memiliki peran yang cukup penting, disamping sektor lainnya dalam menunjang perkembangan sektor pariwisata. Keberadaan jasa akomodasi pada objek – objek wisata yang telah dikembangkan semakin mempertegas keberadaan dari objek – objek wisata tersebut. Kunjungan wisatawan baik manca negara maupun nusantara membutuhkan sarana dan fasilitas yang cukup memadai terutama hotel atau penginapan. Demikian juga wisatawan yang berkunjung ke pekanbaru. Ketersediaan kamar hotel maupun akomodasi lainnya yang cukup memadai akan membuat wisatawan nayaman dan terkesan. Usaha pendukung pariwisata lainnya adalah perusahaan Restoran/Rumah Makan dan jasa layanan makan minum lainnya. Fasilitas penyediaan makanan minum ini sangatlah penting peranannya dalam menunjang pelayanan yang diberikan suatu destinasi wisata karenanya perlu dikelola dengan fropesional. Untuk itu para pelaku usaha Pariwisata khususnya Jasa akomodasi dan jasa makanan dan minuman perlu mengetahui kualias standar produk standar yang diinginkan oleh wisatawan khususnya upaya pengsertifikasian usaha pariwisata. Untuk mensosialisasikan pentingnya sertifikasi usaha Pariwisata Maka Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kota Pekanbaru melalui Bidang Pengkajian Dan Pengembangan SDM Pariwisata melaksanakan Acara “Sosialisasi Sertifikasi Usaha Pariwisata” pada tanggal 11 S/d 12 april 2018 di Hotel PRIME PARK PEKANBARU yang diikuti oleh 65 (enam puluh lima) peserta yang terdiri dari General Manager Hotel, Restoran dan Rumah Makan Sekota Pekanbaru.

Tujuan sosialisasi sertifikasi usaha pariwisata ini adalah :
1.   Menjamin Kualitas Produk Usaha Pariwisata Dalam Memenuhi Kebutuhan Wisatawan.
2.   Memberikan Perlindungan Kepada Wisatawan, Pengusaha Pariwisata, Tenaga Kerja Pariwisata, Serta Masyarakat Baik Untuk Keselamatan, Keamanan,                  Kesehatan, Sanitasi Dan Pelestarian Lingkungan Hidup
3.   Meningkatkan Pengetahuan / Keterampilan Pelaku Usaha Pariwisata khusunya Jasa akomodasi dan jasa makanan dan minuman  

Sementara itu, adapun yang diharapkan dari Pelatihan ini dapat memperoleh Hasil (Outcome) dari sosialisasi sertifikasi usaha pariwisata ini adalah
 Meningkatkan Pendapatan Pelaku Usaha Di Bidang Pariwisata serta Membuka Lapangan Usaha Bagi Masyarakat Kota Pekanbaru Yang Ingin Bergerak Di Bidang Pariwisata.  


Pariwisata Pekanbaru - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata