Delapan Negara ikuti Asia Friendly Endurance Ride 2019 di Pekanbaru

Delapan Negara ikuti Asia Friendly Endurance Ride 2019 di Pekanbaru

Para atlit penunggang kuda Asia asal Malaysia, Thailand, Bangladesh, Korea, Hongkong, Pakistan dan Indonesia akan menampilkan ketangkasan mereka dalam Asia Friendly Endurance Ride atau iven ketahanan berkuda jarak jauh internasional di Pekanbaru, 26-27 Oktober 2019.  "Para atlit akan beradu ketahahan berkuda di kelas 20 km dengan 17 Rider asal Indonesia dan di kelas 40 KM dengan 8 rider luar negeri dan Indonesia," kata Ketua Endurance PORDASI Kota Pekanbaru masa Bakti 2016-2020, Dede Firmansyah di Pekanbaru.

Dengan adanya kejuaraan WDO Endurance Ride, diharapkan akan muncul bibit-bibit atlet endurance Indonesia . "Perlombaan 1st Asia Friendly Endurance Ride 2019 akan memberikan manfaat ganda bagi Propinsi Riau, khususnya Kota Pekanbaru sebagai tempat dilaksanakannya kegiatan. Manfaat di bidang  ekonomi dan pariwisata, seperti penyewaan mobil akan ramai karena dipakai oleh atlit dan official, kamar-kamar hotel akan diisi oleh atlit dan official, selain itu atlit dan official akan berburu kenikmatan kuliner Pekanbaru" kata Dede.

Perlombaan ini berlangsung selama dua hari dengan agenda utama pada hari pertama  ( 26/10/2019 ) adalah technical briefing dan 1st Vet Inspection, yaitu pemeriksaan kelayakan kesehatan kuda. Di hari kedua ( 27/10/2019 ) , perlombaan akan dimulai. Rider berkuda sejauh 40 km dan 20 km.  Di setiap 5 km akan disediakan water cooling untuk mencegah kuda dan rider dehidrasi. Untuk jarak tempuh 40 km dibagi menjadi 2 loop, setelah menempuh satu loop, kuda akan diperiksa kesehatannya oleh dokter hewan.

"Pemenang adalah rider yang mampu membawa kuda sampai ke finish dalam waktu yang telah ditentukan.  Kemudian, akan dinilai oleh dokter hewan apakah kondisi kesehatan kuda yang dibawanya dalam keadaan baik," tutup Dede. 


Pariwisata Pekanbaru - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata