berita pariwisata

berita pariwisata

Latar Belakang

Kota Pekanbaru sebagai ibu kota Provinsi Riau dengan penduduk mencapai 1.046.566 jiwa (riau.bps.go.id, update 16 Jan 2017). Dengan masyarakat heterogen yang memilki banyak komunitas terutama kaum milenial dan pelaku ekonomi kreatif yang otomatis menjadi potensi besar kota Pekanbaru, perlu peningkatan wadah ataupun sarana yang dapat mengakomodir komunitas para pelaku ekonomi kreatif tersebut untuk dapat semakin berkembang sehingga berdampak positif bagi kemajuan diberbagai sektor dalam memperkuat Visi kota Pekanbaru Smart City Madani.

Maksud

Membuat inovasi untuk peningkatan pertumbuhan ekonomi kreatif dan icon wisata di kota Pekanbaru dengan melibatkan 16 Sub Sektor Ekonomi Kreatif.

Tujuan

  1. Sebagai wadah yang mengedukasi dan mensosialisasikan ekonomi kreatif di Kota Pekanbaru dengan melibatkan seluruh potensi kreatif.
  2. Pengembangan potensi kreatif dengan semangat kolaborasi dan berbagi informasi yang dapat mendorong percepatan Pekanbaru Smart City Madani.
  3. Menjadi lokomotif dan role model kota di Indonesia yang melakukan pembinaan serta menyatukan seluruh aset dan potensi kreatif untuk mencapai ekonomi kreatif yang mandiri.

Manfaat

  1. Meningkatkan antusias masyarakat dengan inovasi-inovasi kreatif.
  2. Meningkatkan lapangan pekerjaan dan usaha masyarakat terutama dalam ekonomi kreatif.
  3. Meningkatkan daya tarik dan icon kota Pekanbaru.
  4. Membuka lapangan bisnis atau pasar yang potensial bagi ekonomi kreatif serta mempertemukan investor dengan produk-produk ekonomi kreatif di kota Pekanbaru.
  5. Sebagai pusat informasi, berjejaring, dan edukasi antar semua stakeholder.
  6. Memberikan wadah bagi pelaku ekonomi kreatif dan masyarakat untuk menjadi bagian dari sebuah ekonomi kreatif yang tertib dan berkepribadian.
  7. Meningkatkan PAD kota Pekanbaru.

Acara dan Kegiatan

  1. Festival & Pameran 16 Sub Ekonomi Kreatif Indonesia (Komunitas, UMKM, Pelaku/Penggiat).
  2. Kegiatan Amal dari Pendapatan Acara.
  3. Panggung utama riaucreativehub untuk panggung aspirasi dan penampilan.
  4. Sosialisasi & Edukasi Ekonomi Kreatif.
  5. Bazar brand lokal dan kearifan lokal.

Peserta

Pekanbaru Festinight terbuka untuk umum. Peserta utama untuk mengisi kegiatan adalah komunitas/pelaku 16 sub sektor ekonomi kreatif, akademisi, tokoh, inovator, influencer. 
Peserta kegiatan ditetapkan dengan mekanisme dan kriteria yang ditetapkan oleh penyelenggara terkait.

Mekanisme Pendaftaran Peserta Ekonomi Kreatif

  1. Calon peserta membuat akun via web online di http://bit.ly/pekanbarufestinight
  2. Setelah membuat akun peserta harus login untuk memilih jenis pendaftaran (komunitas atau badan usaha). 
  3. Peserta wajib mengisi seluruh form yang dibutuhkan dengan benar, mengisi deskripsi dan produk atau portofolio kreatif dengan jelas dan mengunggah foto-foto pendukung keterangan untuk dilakukan seleksi oleh panitia sesuai kriteria sub sektor ekonomi kreatif.
  4. Setelah melakukan pendaftaran melalui web online, peserta akan menerima balasan pengumuman, intruksi selanjutnya, dan informasi-informasi terkait melalui email atau nomor telfon yang peserta cantumkan saat registrasi.


Pariwisata Pekanbaru - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata